Minggu, 15 Juli 2012

Pulau Derawan di Berau Terancam Dimiliki Asing

http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Pulau-Derawan2.jpg
Pulau Derawan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
Keberadaan Pulau Derawan dan pulau-pulau yang ada di sekitarnya terancam dimiliki oleh warga negara asing. Pasalnya sejumlah warga negara asing telah menanamkan modalnya terutama dalam bidang properti untuk membangun sarana akomodasi  serta resort-resort guna menunjang pariwisata di pulau-pulau tersebut.

Beberapa pulau yang awalnya tidak berpenghuni , seperti, Nabuko atau Pabahanan kini telah berdiri resort-resort megah yang kepemilikan dan pengeolaannya berada di bawah kendali Warga negara asing.


Melihat feneomena seperti demikian Wakil Ketua DPRD Kabupaen Berau, H Saga, merasa kwatir jika tidak segera dibuatkan regulasi yang jelas mengenai status kepemilikan bisa jadi di kemudian hari pemilik dari resort-resort ini berani mengklaim bahwa pulau tersebut merupakan pulau prbadi yang kedaulatannya berda di luar NKRI.


Selama ini menurutnya pemerintah kurang menerapkan aturan yang jelas tentang sistem jula beli kepemilikan tanah di pulau-pulau tersebut, sehingga yang terjadi perpindahan tangan dari tanah yang ada disana berlangsung dari penduduk asli yang merupkan pemilik awal langsung kepada investor tanpa melibatkan pemerintah.


Menurutnya sebenaranya dahulu ia pernah menyarankan kepada pemerintah agar membuat aturan yang jelas soal kepemilikan ini,dimana sebelum memulai proses pembangunan resort investor terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan pemerintah  daerah agar tidak terjadi kesan bahwa mereka secara penuh memiliki pulau tersebut.
tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons